TOP-LEFT ADS

Sosok Inspiratif Dokter Ferihana, Buka Klinik Murah 24 Jam Pasien Infak Sukarela



Dokter Bercadar Ini Buka Klinik Gratis untuk Bantu Warga Miskin


 Dilihat sepintas, klinik di Dusun Sumberan Nomor  297 Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jogyakarta, ini sama dengan yang lainya.

Namun, ada satu yang membedakan. Klinik yang didirikan pada tahun 2012 ini tidak memungut biaya kepada warga miskin ketika mereka berobat.

"Saya mendirikan klinik ini tahun 2012. Ini rumah saya," ujar dokter Ferihana,  saat ditemui di  di kliniknya Dusun Sumberan Nomor 297 Ngestiharjo, Sabtu (23/04/2016).

Ferihana menyampaikan, kliniknya ini sebenarnya sama dengan yang lainya. Namun, ada perbedaanya yakni kepada setiap warga miskin yang tidak mampu, tidak di pungut biaya.





"Tidak dipungut biaya, mereka serelanya saja memasukan ke kotak infak. Kalau tidak punya uang, ya tidak memasukan juga tidak apa-apa," tegasnya.

Berdirinya klinik gratis ini, berawal dari keprihatinan Ferihana. Ia melihat warga miskin cenderung enggan berobat karena tidak memiliki uang.

Dari keprihatinan itu, dokter lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) ini lantas berinisiatif membuka klinik dirumahnya.

"Sudah orang tidak punya, sakit berobat biayanya mahal, kan bukan malah sembuh tapi bisa tambah sakit. Saya pengen membantu warga miskin dengan membuka klinik ini," katanya.

Diakuinya, sejak kecil kakek dan ayahnya telah mengajarkan agar dirinya menjadi pribadi yang memiliki jiwa sosial. Membatu sesama, terlebih orang yang tidak mampu.

"Ini (membuka klinik gratis bagi warga miskin) sudah menjadi panggilan hati," ucapnya. Menurutnya, pembiayaan klinik yang dibangunnya ini dengan cara subsidi silang.

Menyisihkan penghasilannya dari bekerja di rumah sakit dan uang usaha klinik kecantikan.





"Saya dokter di rumah sakit, saya juga buka klinik kecantikan. Jadi, gaji dan hasil usaha itu saya gunakan untuk membiayai klinik ini," urainya.

Selain membuka klinik dirumahnya, angkatan pertama FK UII ini juga berkeliling untuk memberikan pelayanan medis gratis kepada warga miskin.

Wilayah yang didatanginya, antara lain Kabupaten Gunungkidul dan  Kulonprogo. Aktivitas memberikan pelayanan gratis ke dua kabupaten itu dilakukan bersama beberapa dokter.

Pelayanan ke Gunungkidul dan Kulonprogo di diberikan setiap hari Minggu.

"Gratis, tapi warga kadang memberikan kami buah mangga. Katanya (pasien), mangga di depan rumahnya lagi berbuah," ceritanya sambil tertawa.

Ke depan, dokter kelahiran Yogyakarta pada 19 Februari 1981 ini memiliki cita-cita, jika ada rejeki,  akan mengembangkan kliniknya menjadi lebih besar lagi.

Bahkan Ferihana ingin di kliniknya ada ruangan rawat inap khusus bagi warga miskin.

"Warga miskin kan kasihan kalau harus rawat inap, biayanya kan bisa 1jutaan. Kalau disini ada rawat inap kan bisa membantu warga miskin," pungkasnya.

Saat ditemui di rumahnya dan dipotret, selain mengenakan baju dokter, berwarna putih, ia juga mengenkan cadar warna merah jambu.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor: Pascal S Bin Saju


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !



Sumber : Harian Publik - Sosok Inspiratif Dokter Ferihana, Buka Klinik Murah 24 Jam Pasien Infak Sukarela

0 Response to "Sosok Inspiratif Dokter Ferihana, Buka Klinik Murah 24 Jam Pasien Infak Sukarela"

Posting Komentar