TOP-LEFT ADS

Waspada! Ternyata Lewat Foto Saja Hacker Dengan Mudah Bobol Whatsapp dan Telegram Anda




Perkembangan teknologi tidak hanya memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Saat ini para peretas pun semakin ahli dalam membobol keamanan untuk kepentingan pribadi mereka.

Salah satu yang paling banyak mendapat sorotan dalam masalah keamanan adalah WhatsApp. Namun, kali ini, sorotan tidak hanya kepada WhatsApp namun juga Telegram.

Menurut lembaga keamanan Check Point, baik WhatsApp maupun Telegram memiliki celah yang dapat menjadi kesempatan bagi peretas untuk masuk dan mengancam data pribadi dari para pengguna.

Cara yang digunakan oleh para peretas pun tampaknya cukup sederhana. Peretas cukup mengirim dokumen berupa gambar atau video.

Di WhatsApp, sejumlah gambar yang terkirim akan mengalihkan pengguna untuk membuka halaman HTML yang penuh dengan malware.

Menurut Oded Vanunu yang merupakan Head of Product Vulnerability di Check Point, peretas dapat mencuri data yang berkaitan dengan akun pengguna, rekam jejak percakapan, foto-foto yang dibagikan ke kontak WhatsApp lain. Peretas juga dapat mengirim pesan langsung melalui akun pengguna yang diretas dengan langkah tersebut.

Sementara pada Telegram, akun yang merupakan target dari peretas akan dikirimi sebuah dokumen multimedia yang secara otomatis membuka peramban Chrome. Inilah yang menjadi celah bagi peretas untuk mencuri data pengguna.

WhatsApp memang telah memperbarui kebijakan keamanannya pada tahun 2016 lalu dengan melakukan sinkronisasi dengan Facebook.

Menurut mereka, langkah ini dilakukan agar Facebook bisa menawarkan iklan yang lebih relevan dengan kebutuhan pengguna. Namun, hal ini memungkinkan WhatsApp untuk melihat aktivitas penggunanya.

sumber: simomot



Sumber : Harian Publik - Waspada! Ternyata Lewat Foto Saja Hacker Dengan Mudah Bobol Whatsapp dan Telegram Anda

0 Response to "Waspada! Ternyata Lewat Foto Saja Hacker Dengan Mudah Bobol Whatsapp dan Telegram Anda"

Posting Komentar