TOP-LEFT ADS

Dipimpin Politisi, Formappi: DPD RI Cenderung Mengejar Kekuasaan daripada Daerahnya


Harianpublik.com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengatakan bahwa keterpilihan Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Orang (OSO) sebagai ketua DPD RI bisa dilihat sebagai upaya parpolisasi di lembaga perwakilan daerah tersebut.

“Kemudian jika nanti OSO berhasil membuktikan legitimasi kursi barunya sebagai pimpinan DPD, masalah lain juga muncul yakni soal politisasi DPD RI,” kata Lucius, di Jakarta, Selasa (4/4).

“Sehingga dengan begitu, DPD yang diisi oleh orang Parpol hampir pasti akan menutup kran perwakilan mereka dari daerah asal masing-masing,” tambah dia.

Masih dikatakan dia, ketika kran perwakilan daerah tertutup maka secara otomatis orientasinya berubah, hanya akan mengejar kekuasaan saja dan kepentingan partai politik saja.
“Karena, Parpol didirikan untuk mengejar kekuasaan itu dalam mengejar kekuasaan, politisi cenderung akan asyik sendiri tanpa memedulikan rakyat atau daerah yang diwakili,” sebut dia.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa jika tidak ada penolakan untuk kondisi parpolisasi DPD ini artinya memang sudah saatnya meneriakkan pembubaran DPD RI.

“Tidak ada gunanya lagi jika lembaga perwakilan daerah ini malah diisi oleh politisi partai. DPD akan menjadi serupa dengan DPR yang diisi oleh perwakilan parpol, sehingga jika DPD dan DPR sama-sama berisikan orang parpol, maka jalan keluarnya adalah singkirkan yang lemah dan tak berdaya yaitu DPD,” papar dia.

“Karena membuang energi saja mempertahankan sementara mereka hanya sibuk meraih kekuasaan semata,” tandasnya.

[Aktual]



Sumber : Harian Publik - Dipimpin Politisi, Formappi: DPD RI Cenderung Mengejar Kekuasaan daripada Daerahnya

0 Response to "Dipimpin Politisi, Formappi: DPD RI Cenderung Mengejar Kekuasaan daripada Daerahnya"

Poskan Komentar