TOP-LEFT ADS

Terdapat Soal Ujian SMA/MA di Lamongan yang Sudutkan Umat Islam

Guru di Ponpes Lamongan benarkan ada soal ujian SMA/MA sudutkan umat Islam
Soal PKn Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN) yang menyudutkan umat Islam
(Harianpublik.com) Lamongan - Salah seorang guru di Lamongan Jawa Timur membenarkan adanya soal PKn Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN) yang menyudutkan umat Islam dan menjadi viral di media sosial. Soal ini ditemukan di salah satu sekolah yang kemudian diunggah pada Senin (21/3/2017).
  • Like & ikuti halaman kami di Facebook
  • Follow kami di Twitter 
  • Join di channel Telegram kami
“Rekan saya, seprofesi sebagai guru, melihat soal tersebut. Kemudian memfotonya dan membagikannya di grup internal kami,” ujar salah satu pengajar Ponpes di Lamongan, Sefti Ika Wulansari, dikutip dari Republika.co.id, Rabu (22/3).

Diketahui, pada soal pilihan ganda no 19 jelas tertulis “Sekelompok islam garis keras melakukan sweeping ke aula gereja di kota bogor didapati sekelompok umat nasrani sedang melakukan kegiatan natal. Orang Islam tersebut melakukan pembubaran paksa kegiatan natal. Hal yang dilakukan umat Islam garis keras itu termasuk pelanggaran terhadap UUD 19415 pasal”….(Selanjutnya pilihan ganda).

Rekan guru tersebut, lanjut Sefti, adalah orang yang mengambil gambar dalam potongan soal PKn tersebut. Soal tersebut ia foto di akhir tugas pengawasan ujian. Sehingga tidak disebut melanggar kode etik.

“Rekan saya yang memfotonya. Karena geram, saya mengunggah capture soal tersebut di akun media sosial milik saya,“ ujar Sefti.

Lebih jauh Sefti menjelaskan, bukan hanya soal No.19 saja yang terkesan rasis. Ada soal lain yang juga dianggap bermasalah. “75 persen soal UAM-BN dibuat oleh guru provinsi setempat. 25 persen dari pusat,” kata Sefty menambahkan.

BACA JUGA Ketum PP Muhammadiyah Sampaikan Tausiyah Dihadapan Jamaah Masjid Az-Zikra

Setelah Sefti mengunggahnya, ada beberapa komentar dari netizen yang mengungkapkan bahwa di sekolahnya juga terjadi hal yang sama. “Setahu saya hanya pada soal PKn, yang lain tidak tahu. Dengan kode soal (213),” ujar Sefti.

Sementara pihak Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kemahasiswaan (KSKK) Madrasah saat ini masih menunggu hasil koordinasi Kanwil Kemenag dengan Dinas Pendidikan di Jawa Timur. [arc]

***
Reporter: A.Z Muttaqin
Editor: M. Adnan Khiar Ardhani




Sumber : Harian Publik - Terdapat Soal Ujian SMA/MA di Lamongan yang Sudutkan Umat Islam

0 Response to "Terdapat Soal Ujian SMA/MA di Lamongan yang Sudutkan Umat Islam"

Posting Komentar